2025/10/26

EKSOS THEORY dan Peternak Kelinci

 

Oleh Siti Roisah, Mahasiswa RPL Afirmasi 2025 UNIKAMA, Guru TK Mardisiwi 02 Kota Batu


Anak-anak mengangguk sambil memegang jeruk hasil petikan mereka. Walau masih kecil, mereka mulai memahami bahwa menjadi warga negara yang baik berarti ikut menjaga lingkungan dan menghormati kerja sama. 

Pagi hari yang cerah, anak-anak TK Mardisiwi 02 Kota Batu bersiap mengikuti kegiatan belajar di luar kelas. Hari ini mereka akan berkunjung ke kandang kelinci dan kebun jeruk yang lokasinya dekat dengan sekolah. Kegiatan ini dirancang oleh sekolah bekerja sama dengan peternak desa dan kelompok tani lokal. Meskipun anak-anak belum memahami sepenuhnya tentang kerja sama masyarakat, pengalaman ini merupakan hasil dari lingkungan eksosistem — yaitu lingkungan sosial yang mereka tidak terlibat langsung di dalamnya, tetapi berpengaruh terhadap pengalaman mereka.



Sebelum berangkat, Bu Siti menjelaskan,

“Anak-anak, nanti kita belajar tentang hewan dan tumbuhan yang perlu kita rawat. Kalian juga akan belajar bagaimana orang bekerja sama agar lingkungan tetap bersih dan sehat.” Saat tiba di kandang kelinci, anak-anak melihat peternak memberi makan kelinci dengan penuh kasih. Bu Guru menjelaskan bahwa peternak itu bekerja untuk menjaga kelestarian hewan dan menyediakan pangan bagi masyarakat. Anak-anak pun belajar nilai tanggung jawab dan kepedulian terhadap makhluk hidup, sebagai bagian dari sikap warga negara yang baik.

Di kebun jeruk, anak-anak bertemu dengan Pak Tani, yang menjelaskan cara menanam, merawat, dan memanen jeruk. beliau bercerita bahwa kebun jeruk ini didukung oleh program pertanian desa, hasil kerja sama pemerintah dan warga. Tanpa disadari, anak-anak sedang mengalami pengaruh dari kebijakan sosial dan ekonomi yang membentuk lingkungan belajar mereka — inilah wujud nyata exosystem theory.

Bu Guru mengaitkan kegiatan itu dengan nilai kewarganegaraan:

“Kalau kita mau jadi warga negara yang baik, kita harus rajin, peduli lingkungan, dan menghargai kerja keras orang lain, seperti pak tani dan peternak kelinci yang berperan dalam menjaga keberlangsungan hidup dibumi .”Anak-anak mengangguk sambil memegang jeruk hasil petikan mereka. Walau masih kecil, mereka mulai memahami bahwa menjadi warga negara yang baik berarti ikut menjaga lingkungan dan menghormati kerja sama. 

Dengan demikian,pembelajaran diluar kelas ini menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai nilai ekosistem dan kewarganegaraan sejak dini


Postingan Terkait

Cari Blog Ini