2025/10/22

EKSOS THEORY dan Langkah Kecil Menuju Spiritualitas

 


Oleh: Widayati, Mahasiswa RPL Afirmasi 2025 UNIKAMA,Guru TK Nurul Muslim,Malang


Memperkuat persaudaraan di antara mereka sehingga anak-anak juga belajar tentang pentingnya hubungan sosial dan empati. 


 Untuk jum’at yang ke sekian kalinya, pagi itu kami mengiringi langkah-langkah kecil anak didik menuju masjid terdekat dari sekolah.Tiap kali kami menyampaikan tiba jadwalnya untuk ke masjid,mereka selalu bersorak gembira.Setelah memakai sepatu dan berbaris,anak-anak pun mulai berjalan. Dengan tangan masing-masing memegang pundak temannya, mereka berjalan membentuk kereta api sambil bernyanyi riang memenuhi udara pagi. 

Tak lama kemudian kami tiba di masjid At-Taqwa,masjid yang biasa kami datangi.Pak Askur,marbot masjid selalu menyambut kedatangan kami dengan senyum dan sapa hangat. Anak-anak segera membuka sepatu,lalu menatanya dengan rapi di bawah tangga masjid.Menggulung lengan baju,siap berwudhu.Dengan bimbingan ibu guru,satu demi satu anak-anak belajar berwudhu,mengikuti setiap gerakan yang dicontohkan dengan seksama.Wajah-wajah kecil yang berseri saat merasakan segarnya air membasuh muka mereka. 

Usai berwudhu,semua masuk masjid dan duduk dengan rapi,sementara anak-anak perempuan belajar memakai mukena dengan bantuan ibu guru.Ibu guru bertanya siapa yang berani mencoba adzan hari ini.Tanpa ragu Gavin maju ke depan.Berdiri dengan tangan kanan menutup telinga.Suaranya lantang mengumandangkan lafal adzan yang telah dicontohkan.Teman-temannya mendengarkan dengan penuh perhatian.

Setelah sholawat puji-pujian, giliran Arga yang maju ke depan menyerukan iqomat.Ya..setiap berlatih sholat anak-anak selalu bergantian belajar adzan dan iqomat.Raut wajah mereka terlihat senang dan bangga tiap kali selesai mendapat kesempatan.Anak-anak segera berdiri,melakukan sholat berjamaah. Kali ini Gavin yang belajar menjadi imam. Ibu guru membimbing mereka tata cara gerakan dan bacaan sholat.Betapa senang dan bangga melihat semangat dan antusiasme mereka.Sejauh ini mereka telah tumbuh dan berkembang dengan baik

Dalam EKSOS THEORY (ekologi,sosial,spiritual) kegiatan sholat berjamaah ini membantu anak-anak mengembangkan dimensi spiritual mereka.Menumbuhkan kesadaran akan kehadiran Allah dan pentingnya berdoa. Membangun karakter yang baik dan berakhlak mulia.

Memperkuat persaudaraan di antara mereka sehingga anak-anak juga belajar tentang pentingnya hubungan sosial dan empati. Dalam konteks nilai-nilai kewarganegaraan,selain mengembangkan Sila Pertama(Ketuhanan Yang Maha Esa), wudhu dan sholat juga dapat mengajarkan anak-anak akan pentingnya menghormati sesama manusia, menjaga kebersihan,kesucian diri sebagai bentuk penghormatan pada diri sendiri dan orang lain(Kemanusiaan yang adil dan beradab).

Sholat berjamaah dapat pula memperkuat rasa persatua(Sila Persatuan Indonesia), sehingga anak-anak juga belajar tentang pentingnya kerjasama dan solidaritas dalam bermasyarakat.  

     

Postingan Terkait

Cari Blog Ini