2025/10/21

BAGI ANAK PAUD, MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PERSPEKTIF EKSOS THEORY



Oleh: DIAN PARAMITA, Mahasiswi RPL AFIRMASI 2025 UNIKAMA, Guru TK MUSLIMAT NU 25, Malang


Anak anak yang tumbuh dengan nilai tanggung jawab sosial akan menjadi warga negara yang peduli terhadap kelanjutan lingkungan hidup, semua itu bermula dari tanggung jawab terhadap dirinya sendiri terlebih dulu. 

 Saya Dian Paramita, salah seorang guru TK Muslimat NU 25 yang alhamdulillah sudah diberikan kesempatan mengajar selama 9 tahun. Banyak pengalaman berkesan selama mengajar di PAUD.

Dan saya pun banyak belajar dari mereka tentang ketulusan dan cinta kasih dari mereka, oleh karena itu saya sangat berharap siswa di PAUD kami, punya kemandirian terhadap diri sendiri dulu, karena menurut saya jika anak usia dini sdh bisa mandiri dan bertanggung jawab atas diri nya maka akan mudah juga menjadikan ia anak yang bertanggung jawab dan berkarakter.

Karena itu di saat awal semester di tahun ajaran baru ini dengan tema diri sendiri, saya memancing pertanyaan kepada anak anak apa yang sudah dilakukan setiap hari selama 1 hari, umumnya mereka menjawab dengan bangun tidur langsung kekamar mandi atau bahkan ada yang melihat Televisi dulu, melihat hal itu saya bertanya kepada anak anak, siapa yang suka membantu bunda dan ayah dirumah dan berupa bantuan apa ?, dengan antusias semua anak menjawab. saya, banyak hal yang dikerjakan anak anak, dari menyapu bersih bersih, cuci piring bahkan ada yang mengatakan cuci baju, terdengar tidak mungkin dan kesannya lucu .

Sehubungan dengan hal itu, saya berinisiatif untuk bertanya sudah bisakah dan sudah pernahkah anak anak untuk membereskan tempat tidur dan melipat selimut, ketika bangun tidur ?, ternyata kebanyakan anak menjawab belum pernah, oleh karena itu di pembelajaran berikutnya saya mengajak anak untuk belajar melipat selimutnya sendiri dengan harapan mereka akan melakukan rutinitas melipat selimut, merapikan tempat tidur sebelum aktivitas selanjutnya, seperti kegiatan rutinitas kekamar mandi dan lain lain, maka keesokan hari nya baru lah kami mempraktekkan bagaimana cara melipat selimut yang rapi dan benar. Anak anak sangat antusias untuk bisa merapikan dan melipat selimut tersebut.

Demikian salah satu cara saya untuk mengajarkan anak bertanggung jawab pada diri sendiri.dari hal kecil yang bisa jadi terlupakan jika tidak dibiasakan dari kecil.

Anak anak yang tumbuh dengan nilai tanggung jawab sosial akan menjadi warga negara yang peduli terhadap kelanjutan lingkungan hidup, semua itu bermula dari tanggung jawab terhadap dirinya sendiri terlebih dulu. 

Kesadaran anak anak dalam menjaga lingkungan merupakan bagian dari pembentukan tanggung jawab sosial sejak usia dini. Dalam konteks EKSOS THEORY dan Teori Ekososial ( Ecologycal System Theory) yang dikembangkan oleh Urie Bronfenbrenner, perkembangan sikap dan perilaku anak dipengaruhi oleh berbagai lingkungan yang saling berkaitan, seperti Keluarga ( Mikrosistem ),Sekolah ( Mesosistem ), Lingkungan Sosial yang lebih luas, ( Ekosistem ) hingga Nilai dan Budaya Masyarakat. 


Ada kata kata menarik yang bisa saya petik “ SAYA PERCAYA BAHWA BERBAGI ILMU DALAM FORUM AKADEMIK MAUPUN NON AKADEMIK ADALAH CARA TERBAK UNTUK MEMPERKAYA WAWASAN DAN MEMBANGUN JEJARING KEILMUAN YANG LUAS” ( DOSENBLANGKON, ENGELBERTUS K. MPd )


Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangannya, karena saya masih tahap belajar. Terima kasih banyak atas perhatiannya, 

Jalan jalan di sore hari,

Menikmati indahnya alam sekitar

Tulisan saya hari ini usai,

Sampai jumpa lagi, dengan cerita yang baru..

Postingan Terkait

Cari Blog Ini