EKSOS THEORY dan Pemanfaatan Media Film
Oleh : SAMIASIH, MAHASISWA AFIRMASI RPL UNIKAMA 2025, Guru TK NURUL MUSLIM
Dalam aspek spiritual, anak-anak diajak untuk memiliki empati, kasih sayang, dan nilai-nilai kebaikan, sehingga kelak tumbuh menjadi warga negara yang berkarakter, beradab, dan menghargai setiap profesi di masyarakat.
Mengenalkan anak usia dini (AUD) terhadap berbagai profesi merupakan salah satu cara efektif bagi guru PAUD untuk menanamkan sikap saling menghormati dan menghargai peran setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kami mengajak anak-anak menonton film edukatif yang menampilkan berbagai profesi seperti tentara, pengemudi ojek, pemulung, dokter, petani, polisi, dan guru. Film menjadi media pembelajaran visual yang efektif karena mampu memberikan gambaran konkret dan menarik, sehingga anak-anak lebih mudah memahami pekerjaan orang-orang di sekitar mereka.
Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Pintar Cakra Cendekia 2 Yonkes 2 Kostrad Karangploso, Kabupaten Malang, dengan bimbingan para tentara yang bertugas di sana. Selama kegiatan berlangsung, guru menjaga ketertiban dan kenyamanan anak, sementara pemandu menjelaskan setiap profesi yang ditampilkan dalam film hingga selesai.
Setelah menonton film, anak-anak diajak berdiskusi melalui pertanyaan reflektif seperti “Apa jadinya kalau tidak ada petani?” atau “Bagaimana jika kita sakit tapi tidak ada dokter?” Pertanyaan-pertanyaan sederhana ini membantu anak memahami pentingnya setiap pekerjaan bagi kehidupan manusia. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak belajar menghargai keberagaman profesi dan peran sosial masyarakat.
Secara teori, kegiatan ini sangat mendukung pembelajaran nilai-nilai kewarganegaraan seperti gotong royong, saling menghormati, dan menghargai perbedaan. Dengan mengenal berbagai profesi sejak dini, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak mudah meremehkan pekerjaan orang lain serta memahami bahwa setiap profesi memiliki kontribusi penting dalam kehidupan bersama.
Guru PAUD memiliki peran besar dalam menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Melalui media film, pembelajaran menjadi lebih bermakna karena mampu menanamkan nilai karakter, sosial, dan spiritual. Dalam aspek sosial, anak-anak belajar bekerja sama, bertoleransi, dan berinteraksi dengan baik.
Dalam EKSOS THEORY, aspek ekologis, mereka memahami hubungan manusia dengan lingkungan serta pentingnya menjaga sumber daya alam. Sedangkan dalam aspek spiritual, anak-anak diajak untuk memiliki empati, kasih sayang, dan nilai-nilai kebaikan, sehingga kelak tumbuh menjadi warga negara yang berkarakter, beradab, dan menghargai setiap profesi di masyarakat.